Sabtu, 26 September 2009

Penghormatan Bendera dan Pancasila & Imam Sholat Yang Berpancasila

Penghormatan Bendera dan Pancasila

Assalamu'alaikum wr.wb

Ustadz mengapa pancasila disebut berhala? dan mengapa seorang mu'min tidak boleh mengikuti upacara bendera? MOHON PENJELASANNYA.JAZAKALLAH Ustadz

Wa’alaikum salam wr wb

ROSYIDPancasila adalah patung (timtsal). Namun karena patung tersebut dijadikan simbul kekufuran berupa sistem kenegaraan yang bertentangan dengan Islam pada prinsip-prinsipnya, maka ia menjadi berhala(sesembahan selain Alloh.swt) yang sering diistilahkan didalam syar’i dengan “al-watsan”.

Begitupula bendera. Jika bendera itu adalah lambang dan simbul kekufuran; maka ia adalah al-watsan, hingga haram bagi seorang muslim untuk menghormatinya serta mengagungkanya dengan kerelaan hati. Sebaliknya, jika suatu bendera adalah simbul keislaman, maka wajib dihormati.

Sedang penghormatan bendera yang merupakan simbul keislaman, adalah dengan cara yang tidak mengandung penghinaan terhadap bendera tersebut(baik dengan perkataan maupun perbuatan), dan juga dengan suatu cara yang tidak menyerupai perbuatan orang kafir(yaitu dengan upacara,hormat bendera dan khusyuk yang tidak pernah wujud pada sholat mereka).

Bendera-bendera tersebut didalam Islam tak lebih dari sekedar tanda dan pengenal, maka tidak mungkin bendera wujud kecuali ditempat-tempat atau diwaktu-waktu tertentu. Lain halnya dengan fungsi bendera dinegara-negara kafir, yang hari ini justru telah berfunsi sebagai sarana loyalitas dan permusuhan antar negara(alwalaa’ wal baroo’).

Allohu a’lam bisshowaab



Imam Sholat Yang Berpancasila

Soal:

Bismillahirrohmanirrohim.

Ustadz (semoga dirahmati Alloh), bagaimana hukumnya kita bermakmum kepada seorang ustadz yang tidak setuju dengan pernyataan bahwa pancasila itu thogut. Dia tidak setuju dengan pernyataan itu karena beralasan bahwa pancasila itu dibuat oleh sebagian besar kaum muslimin. Jadi menurutnya (ustdz tadi) bahwa pancasila bukan thogut. Mohon dijelaskan supaya tidak ifroth maupun tafrith.

jazakalloh khoiron katsiron.

(ibnu edkus)

Jawab:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، وبعد؛

Baarokallohu fiik

Pancasila merupakan ideologi yang dijadikan dasar hukum indonesia. Ideologi tersebut dibuat bukan atas dasar islam dan untuk islam. Maka pancasila adalah merupakan kekufuran dan kesesatan karena bertentangan dengan prinsip2 islam. Meskipun mayoritas pembuatnya mengaku muslim.

Firman Alloh: “Maka, apalagi setelah kebenaran-islam- jika bukan kesesatan??”. Akibatnya setiap yang rela denganya, apalagi memperjuangkanya, adalah orang2 yang telah terjerembab dalam kekufuran yang besar. Jika mereka tidak sadar akan hal itu, maka kewajibanya untuk segera taubat dan mempelajari hukum syar’i terkait masalah tersebut.

Kebanyakan rakyat indonesia jahil akan ini, baik karena kebodohan ataupun karena syubuhat dan kesamaran dalam memahami masalah ini. Jika ustadz yang anda tanyakan tentangnya adalah ustadz yang tergilas syubuhat dalam kefahaman islamnya, maka coba diberi pencerahan tentang kesyirikan pancasila dengan dalil2 syar’i yang jelas oleh orang yang kompeten dalam aqidah, juga tulisan atau situs-situs internet yang menjelaskan hal tersebut. Atau bisa jadi dia “diustadzkan” oleh kalangan awam, sedang dia sama sekali tidak berhak dengan titel tersebut. Jika upaya maksimal telah ditempuh namun keadaan tidak berubah, maka sholat dibelakang awam kaum muslimin awam- sepaham saya- insyaalloh lebih selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar